Jasa Print / Cetak Foto

Terkadang kita sering lupa, berapa ukuran / dimensi panjang x lebar dari sebuah kertas foto pada saat ingin melakukan pencetakan foto. Demikian juga dengan ukuran resolusi sebuah foto digital, dan bagaimana kaitannya dengan hasil pencetakan di kertas foto.

Hasil foto dengan menggunakan Kamera Digital bisa kita lihat langsung melalui Komputer tanpa harus membawa ke lab foto untuk dicetak. Namun tidak bisa dihindari bahwa kita terkadang masih memerlukan hasil print foto yang dicetak sehingga bisa dilihat kapan saja dan dimana saja tanpa tergantung dengan komputer. Meskipun kualitas sebuah foto digital ditentukan oleh banyak faktor, tapi resolusi tetap menjadi salah satu penentu utama. Resolusi diukur dengan satuan pixel (bujursangkar berisi informasi warna) yaitu jumlah detil yang bisa ditangkap oleh kamera. Makin banyak jumlah pixel dalam satuan luas, makin halus dan baik kualitas foto digital. Resolusi kamera juga terkait dengan proses cetak tadi. Besar Resolusi yaitu 1280×960 (1MegaPixel), 1600×1200 (2MP), 3MP, 10MP dan lain-lain itu adalah menandakan banyaknya titik yang ada dalam gambar tersebut. Semisal foto dengan resolusi 1600×1200 berarti ada 1600 titik di horizontal dan 1200 titik di vertikal. Untuk resolusi 1 megapixel ukuran maksimum pencetakan adalah 4×6 inci. Sedangkan ukuran maksimum pencetakan kamera dengan resolusi 5 megapixel bisa mencapai 14×17 inci.

Densitas foto 72dpi, 180dpi, maupun 300dpi (terlihat pada EXIF data yang menempel pada foto yang bersangkutan) itu menandakan tingkat kerapatan dari titik-titik tersebut dalam suatu satuan ukuran inch (dot per inch). Misalnya kita selama ini mendengar ada printer berkemampuan cetak dengan densitas 300dpi, 600dpi, 1200dpi, maupun 4800dpi. Contoh printer dengan kemampuan densitas 4800dpi itu berarti bisa mencetak sebanyak 4800 titik sepanjang garis 1 inch (2,54cm), begitu juga dengan printer berkemampuan densitas 300dpi berarti hanya bisa mencetak 300 titik sepanjang garis 1 inch (2,54cm).

Terkait dengan hal-hal diatas, maka kita patut mengetahui juga bahwa mesin cetak foto itu biasanya berkemampuan densitas 300dpi sehingga kita akhirnya sering memakai patokan ini sebagai standard densitas minimum yang diperlukan baik untuk mencetak di laboratorium foto ataupun dengan printer sendiri.

Sebagai penutup dari artikel ini coba ajukan pertanyaan berikut pada diri Anda sendiri. Berapakah resolusi kamera digital yang Anda miliki? 16 Mega Pixels? 22 Mega Pixels? Apakah yang Anda lakukan pada hasil foto karya Anda? Hanya diupload ke internet? Facebook? Flickr? Bila Anda hanya upload karya foto Anda ke internet maka kamera resolusi tinggi yang Anda miliki bisa jadi sia-sia.kamera resolusi tinggi yang Anda miliki bisa jadi sia-sia. Karena bila foto-foto Anda hanya berakhir di internet maka tidak perlu kamera dengan resolusi tinggi. Untuk benar-benar memanfaatkan kamera beresolusi tinggi yang Anda miliki maka Anda sebaiknya mulai mencetak hasil karya foto-foto Anda.

DolphinCreation menawarkan jasa print / cetak foto di Jakarta dan kota2 di Indonesia. Harga yang kami tawarkan sangat kompetitif dengan kualitas hasil yang baik.